Tuesday, March 6, 2007

Pilih2 pakaian untuk wawancara pekerjaan?? Penting??

Ternyata cara berpakaian pada waktu melamar kerja juga bisa menentukan diterima atau ngganya kita. Karena konon cara berpakaian bisa mencerminkan kepribadian seseorang?

Sebenernya gimana si cara berpakaian yg pantas dipakai pada saat mo interview? jawabannya adalah pakaian yang sifatnya konservatif.

Menurut Anna Soo Wildermuth (dia tuh konsultan penampilan dan presiden Association of Image Consultants International), ”Cara berpakaian adalah menunjukkan siapa diri Anda, dan itu sudah jelas,”. Dibawah ini 9 tips cara berpenampilan yang perlu dihindari ketika tiba saat interview :

1. Cat kuku yang menyolok. Untuk cwo (cwo make cat kuku..?? chape deeeeh...) dan cwe nih. Hindarin kuku yang terlalu panjang ato bahkan ga dipotong (iiieeh jorok amat tuh orang klo ampe ga pernah potong kuku...!!). Kuku harus terawat dan rapi pokoknya mah.

2. Make bejibun perhiasan. Biasanya cwe nih. Untuk cwe jangan make lebih dari 2 cincin di tangan atau malah make satu anting di telinga dan jangan ada perhiasan di muka lo (misalnya pake tindikan dihidung yang ada rantenya trus nyambung ke anting di telinga...ga usah dipake tuh, meski dari berlian...!!) ato gelang kaki saat interview (ntar pas dipanggil, sangkain bawa2 kucing pliharaan lg...).

3. Spokat dengan jari-jari terbuka atau sepatu sandal. Apalagi sendal, sama sekali dilarang! Spokat yang ketinggalan jaman (misalnya warisan turun temurun dari kakek buyut lo...) sebaiknya disingkirin aja ato dipakenya saat kesempatan lain aja, meskipun lo suka bgt ama tu spokat.

4. Kaki-kaki yang telanjang. maksudnya lo bisa pake stoking meskipun saat itu udaranya bikin gerah. Stoking ato kaos kaki sebaiknya make yang warnanya netral atau senada dengan warna sepatu yang lo pake (jangan sampe make yang belang2 ya...!!).

5. Jas ato blazer yang ketinggalan jaman. Contohnya jas ato blazer yang berkerah lebar ato terlalu sempit. Lo biasanya jait dimana?? Penjahit yang baik pasti tahu itu (caelah...penjahit yang baik...). Gaya untuk jaket pria harusnya si yang nutup seluruh tubuh dan jangan yang ketat.

6. Rok terlalu pendek. Jangan juga lo kpikiran untuk pake clana ketat untuk wawancara.

7. Jaket Kulit. Ini untuk cwo maupun cwe, jaket kulit tuh ga pantes untuk tujuan wawancara. Klo lo make jaket kulit kelihatannya kya mo nyantai diluar.

8. Turtlenecks, maksudnya kerah kura-kura untuk pria (emang ada ya?? lucu d pasti bentuknya...) make dasi lebih baik lg. Minimal lo make kemeja yg rapih lah.

9. Tas tangan dan tas kantor yg trendy : Warna dompet haruslah yg tidak menyolok mata dan bersifat konservatif. Misalnya tas kantor warna merah, yang sepasang ma sepatunya, kayanya terlalu nge-jreng deh klo dipake utk wawancara.

Warna konservatif dalam berbagai variasi biru dan abu-abu itu yg terbaik. Make warna item pas wawancara bisa dipandang sebagai orang yg terlalu serius. Klo lo make warna item, pastikan ada warna yang lain dekat wajah lo untuk memperlunak wajah. Klo warna coklat masih diragukan sebagai warna bisnis, dan mungkin harus dihindari.

Ubahlah penampilan lo saat mo wawancara misalnya make blus dengan warna berbeda, kemeja, syal atau dasi. Apapun yg lo pake perlu aksen yg nunjukin fakta bahwa lo itu adalah seorang profesional yg siap bekerja pada pekerjaan baru. hindari pakaian yg keliru, yg bisa ngerusak kesempatan lo mencapai tingkatan yang lebih tinggi di dalam proses wawancara itu. Di proses ini, yang terpenting adalah lo tampil baik dan penampilan lo cocok untuk pekerjaan itu. Sekses ya untuk yg lagi cari kerja ;)

2 comments:

Samie said...

trims tips wawancara nya
met kenal

Anonymous said...

aku selalu bingung menentukan penampilan saat wawancara

tx artikel nya bagus